Sabtu, 01 Mei 2010

Ngantuk di Kelas

Dalam proses pembelajaran tentunya kita sering mengalami yang namanya mengantuk, apalagi kalau belajar di kelas dengan dosen yang membosankan. Mengapa kita mengantuk.....? Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor antara lain cacingan, memang pembawaan, kekenyangan,kelaparan, dansebagainya. Tapi bagaimana pun sehatnya seseorang tentu suatu waktu tanpa dia duga dia akan mengantuk dalam kelas belajar. Hal ini haruslah mendapat penyelesaian yang konkrit dan jelas, sebab ilmu sangatlah berharga untuk dilewatkan satu kata pun. So, ada beberapa cara mengusir ngantuk kalau ngantuk itu datang antara lain :

1. Mmbengkokkan lidah hingga mencapai langit- langit mulut sehingga terasa geli dan menghilangkan ngantuk
2. memutar-mutar jari kelingking kaki mengingat kelingking kaki adalah bagian yang paling mudah digoyangkan mengingat apabia menggunakan kelingking tangan akan menjadi pengalih perhatian belajar orang lain.
3. Menahan nafas selama mungkin akan merangsang kerja jantung secara ekstra sehingga darah terpompabanyak ke otak dan hilanglah ngantuk.
4. Memosisikan kepala di bawah dada akan membuat darah ganpang mengalir ke otak.Hal ini juga menghilangkan ngantuk.

Setidaknya itu saja yang bisa saya sampaikan kepada pembaca semoga bernanfaat, cieh.... kaya' kata pengantar di buku saja kata-kata gue....
he he he....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar